Berita Terbaru

Baca berita terbaru kami dari perusahaan atau berita yang umum. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan di komentar untuk berita apa pun yang menurut Anda menarik.

Berbagai Fasilitas dan Kapasitas Bus Sedang Atau Bus Medium

Berbagai Fasilitas dan Kapasitas Bus Sedang Atau Bus Medium

kapasitas-bus-sedang.jpeg

Berbagai Fasilitas dan Kapasitas Bus Sedang. Bus sedang atau disebut juga bus medium merupakan salah satu jenis bus yang biasa digunakan untuk mengantarkan penumpang untuk tujuan tertentu salah satunya adalah untuk pariwisata. Sebenarnya bukan masih banyak jenis bus yang biasa digunakan untuk mengantarkan penumpang, namun pembahasan kali ini mengenai bus sedang (medium).

Bus sedang atau bus medium merupakan bus yang ukurannya ¾ dari bus besar dengan panjang antara 8 meter hingga 11 meter. Umumnya juga bus sedang ini menggunakan bahan bakar diesel sama seperti bus-bus lainnya. Tenaganya cukup besar walaupun tentu tidak sebesar yang dimiliki oleh bus besar.

Bus ini cukup sering ditemukan di berbagai kota. Di jakarta tentu Anda dapat melihat bus ini sebagai mode transportasi umum seperti mikro mini atau di jogjakarta sebagai trans jogja karena kapasitas bus sedang ini yang besar. Selain untuk mode transportasi umum, bus ini juga biasa digunakan untuk pariwisata.

Jadi, tidak hanya bus besar saja yang digunakan untuk keperluan pariwisata namun juga bus sedang juga digunakan untuk keperluan tersebut. Untuk Anda yang ingin mengetahui fasilitas, konfigurasi dan kapasitas dari bus ini bisa melihat pembahasan di bawah ini.

Fasilitas Bus Sedang Tiap Kelas

Fasilitas tiap bus sedang tentu berbeda-beda. Terlebih lagi berdasarkan kelasnya seperti pada kelas ekonomi yang tidak dibekali dengan AC (Air Conditioner) namun jumlah seatnya hingga 31 satu yang menjadikan kapasitas bus sedang kelas tersebut mampu memuat banyak penumpang.

Atau juga bus sedang kelas VIP yang dibekali dengan dibekali AC (Air Conditioner) namun hanya menyediakan 27 seat saja. Tapi tidak semuanya sama, tergantung dari jenis dan tipe bus tersebut. Untuk mengetahui fasilitas bus sedang berdasarkan kelasnya, Anda bisa melihat pembahasan berikut.

  • Ekonomi

Bus sedang kelas ekonomi merupakan kelas bus sedang yang paling bawah dan memiliki sedikit fasilitas. Harga untuk sebuah bus sedang kelas ekonomi juga terbilang cukup murah. Model bus untuk bus ekonomi juga merupakan bus dengan ukuran sedang dan besar yaitu sampai sehingga kapasitas bus sedang ini mampu memuat banyak penumpang.

Saat Anda memasuki bus ini, Anda dapat dengan mudah menemukan perbedaan antara bus ekonomi dengan bus sedang kelas lainnya yaitu tidak adanya AC (Air Conditioner) walaupun ada bus sedang ekonomi yang menggunakan AC namun kebanyakan tak dibekali AC.

Tentu tidak adanya AC menuntut Anda untuk menggunakan kaca yang bisa dibuka untuk sirkulasi udara. Dengan kapasitas bus sedang yang besar ini, biasanya bus ini digunakan untuk transportasi umum di berbagai kota yang bisa memuat banyak penumpang sekaligus dalam sekali waktu.

Sayangnya untuk jenis / model bus sedang / medium bus dengan kelas ekonomi ini sudah tidak tersedia lagi di Po Mega Citra Wisata, jadi semua unit yang tersedia sekarang ini sudah dilengkapi dengan Fasilitas AC

  • VIP

Bus sedang kelas VIP memiliki fasilitas yang cukup lengkap walaupun tidak sebanyak yang dimiliki bus sedang kelas eksekutif. Bus sedang ini umumnya menggunakan jenis bus SHD (Super High Deck) atau bus SHD (High Deck Double Glass) yang merupakan deck yang berukuran besar. Bus ini tentunya dibekali AC yang akan membuat Anda lebih nyaman di dalamnya.

Selain itu bus ini dilengkapi juga dengan recleaning seat, charger, LCD TV, toilet, smoking room, dan juga kapasitas bus sedang pada bagian bagasi yang luas. Dari kelebihan yang disediakan tersebut, tentu harga yang ditawarkan untuk kelas ini lebih mahal dari kelas ekonomi.

  • Eksekutif

Bus dengan kelas tertinggi ini menawarkan banyak fasilitas yang diupgrade dari kelas VIP. Walaupun Anda perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menyewa bus ini namun fasilitas yang ditawarkan akan sebanding karena bus ini memiliki beberapa fasilitas canggih di dalamnya.

Fasilitas-fasilitas yang terdapat di dalam bus eksekutif antara lain AC, Wifi, toilet. Smoking area, recleaning seat, LCD dan DVD TV, charger, bantal dan selimut, serta bagasi yang juga luas. Dengan kapasitas bus sedang pada bagian bagasi yang luas tersebut Anda bisa membawa banyak barang dalam perjalanan menggunakan bus ini.

Kapasitas BusSedang Tiap Kelas

Setelah mengetahui berbagai fasilitas yang terdapat pada tiap kelas bus sedang, pembahasan berikutnya adalah tentang kapasitas yang terdapat pada bus sedang tiap kelasnya. Tiap kelas tentu memiliki kapasitas yang berbeda-beda.

  • Kapasitas Bus Sedang Kelas Ekonomi

Kapasitas bus sedang kelas ekonomi tergolong cukup banyak, walaupun tentu kapasitas dari bus ini lebih sedikit dibandingkan dengan kapasitas pada bus besar. Kapasitas yang disediakan di dalam bus ini umumnya adalah 31 seat dengan susunan seat 2-2 dan 5 seat pada bagian paling belakang bus.

Dengan jumlah seat 31, maka bus ini dapat memuat penumpang hingga 31 penumpang. Maka dari itu bus ini biasa dijumpai untuk mode transportasi pariwisata karena ukurannya yang besar dan mampu memuat banyak penumpang.

  • Kapasitas Bus Sedang Kelas VIP

Di kelas VIP, kapasitas bus sedang ini juga ada yang dibekali 31 seat namun ada juga yang menggunakan 27 atau 29 seat. Untuk bus dengan 27/29 seat memiliki susunan seat (2-2) sedangkan bus dengan 31 seat sama saja seperti bus sedang kelas ekonomi dengan tambahan 5 seat di bagian belakang.

Hal tersebut membuat ruang kaki untuk penumpang lebih luas dan nyaman walaupun sudah ada beberapa fasilitas yang menunjang kenyamanan penumpang tapi masih kurang nyaman rasanya jika kaki tidak dapat leluasa.

Oleh karena itu, bus ini biasa digunakan untuk perjalanan jauh atau pariwisata. Dan juga biasa digunakan untuk support bus jika sesuatu terjadi pada bus besar. Dengan biaya yang dikeluarkan lebih murah dibanding bus besar kelas VIP, Anda masih bisa menikmati fasilitas VIP dan kapasitas bus sedang seperti yang dimiliki bus besar.

  • Kapasitas Bus Sedang Kelas Eksekutif

Bus ini memiliki kapasitas yang cukup sedikit biasanya dibekali 27 seat. Hal tersebut karena bus ini mengutamakan kenyamanan penumpang. Dengan sedikitnya seat yang tersedia, maka semakin banyak juga ruang yang tersedia sehingga penumpang lebih leluasa dalam bergerak.

Walaupun kapasitas bus sedang ini sedikit, namun tetap saja banyak yang menggunakannya untuk berbagai keperluan, untuk pariwisata atau ibadah salah satunya. Dan meskipun biayanya sangat mahal, namun hal tersebut sangat sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan oleh bus ini.

Bagaimana? Apakah Anda sudah bisa memilih ingin menggunakan bus mana jika ingin berlibur atau pergi ke suatu tempat? Pastikan Anda sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda jika memang ingin menggunakan bus sedang ini. Jangan lupa utamakan kenyamanan dalam bepergian karena kenyamanan merupakan nomer satu.

Itulah fasilitas dan kapasitas bus sedang yang bisa Anda ketahui. Setiap bus sedang memiliki fasilitas dan kapasitasnya masing-masing tergantung dari jenis dan model bus itu sendiri. Namun, pembahasan di atas merupakan merupakan fasilitas dan kapasitas umum yang dimiliki oleh kebanyakan bus.

Baca Juga : Bus Pariwisata Jakarta Terpercaya dan 9 Keunggulannya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by PT. MEGA CITRA WISATA @ 2023. All rights reserved.

Memulai obrolan
1
Ada pertanyaan? Hubungi kami!
Scan the code
Butuh Layanan Sewa Bus Pariwisata?
Kami Ahlinya!

Senang bisa terhubung dengan Anda, Silahkan klik tombol Memulai obrolan! or scan the code WhatsApp!