Berita Terbaru

Baca berita terbaru kami dari perusahaan atau berita yang umum. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan di komentar untuk berita apa pun yang menurut Anda menarik.

Panduan untuk Penyewaan Bus Pariwisata yang Paling Praktis

Panduan untuk Penyewaan Bus Pariwisata yang Paling Praktis

penyewaan-bus.jpeg

Panduan untuk Penyewaan Bus Pariwisata yang Paling Praktis – Bus pariwisata menjadi salah satu pilihan paling favorit bagi masyarakat terlebih saat mereka ingin melakukan perjalanan yang membutuhkan waktu lama. Tidak hanya murah, namun bus itu juga bisa disewa beberapa hari sebelum keberangkatan.

Ada beberapa manfaat yang bisa diambil saat menyewa bus, seperti waktu yang tidak terbuang sia-sia untuk menunggu bus atau proses pembelian tiket yang terlalu mahal. Dengan menyewa bus, maka kita bisa memanfaatkan keberadaan bus itu sendiri untuk menuju tempat tujuan dengan lebih nyaman lagi.

Tata Cara Penyewaan Bus yang Benar

Meskipun proses penyewaan bus pada masa sekarang sudah cenderung sering dilakukan oleh banyak orang, namun mungkin ada beberapa di antara kita yang masih bingung mengenai tata caranya yang benar. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir sebab sudah ada panduan yang mampu dipahami untuk menyewa bus, seperti yang ada di bawah ini.

  1. Hubungilah Agen Travel Terlebih Dahulu

Cara pertama yang harus Anda lakukan saat ingin menyewa bus tentu saja harus menghubungi agen travel terlebih dahulu. Kini, sudah tersedia berbagai macam informasi dan nomor kontak yang bisa Anda hubungi ketika ingin menyewa bus tertentu, dan biasanya nomor tersebut tertera pada laman asli agen travel tersebut.

Sebelum memilih agen travel untuk penyewaan bus, alangkah lebih baik apabila Anda memilih untuk membaca beberapa ulasan yang ada di internet mengenai reputasi agen travel itu. Bisa juga dengan menanyakan pada teman terdekat Anda mengenai siapa agen yang terpercaya. Jika sudah memilih, maka segera tanyakan pada pihak agen apakah masih ada armada bus yang tersedia pada waktu keberangkatan yang sudah Anda tentukan.

  1. Perjelas Keperluan yang Anda Miliki

Langkah yang kedua yaitu Anda harus mampu menjelaskan sebenar-benarnya mengenai keperluan yang Anda miliki dan untuk tujuan apakah Anda ingin menyewakan bus tersebut. Hal ini berguna agar pihak bus mampu menyediakan bus yang sesuai dengan tujuan Anda dan menyesuaikan jumlah kursi dengan jumlah penumpang.

Tidak hanya itu saja, namun Anda juga harus mengisi beberapa data penting yang berguna untuk memvalidasi proses penyewaan bus Anda. Data tersebut seperti atas nama siapa Anda menyewa bus itu, berapa lama durasi sewa yang diinginkan, tanggal keberangkatan dan pulangnya, lokasi penjemputan, tujuan wisata, jumlah penumpang, dan lain sebagainya.

  1. Membayar DP

Apabila Anda sudah mengisi data dan informasi yang dibutuhkan oleh pihak agen travel, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda tempuh yakni membayar DP terlebih dahulu. DP ini bisa Anda bayar dalam jumlah seperempat harga sewa asli atau justru langsung setengahnya. Dengan begitu, maka agen travel bisa segera menyiapkan armada untuk keberangkatan wisata Anda.

Harga ini penting untuk dibayar sebagai bukti bahwa penyewaan bus yang Anda lakukan sudah dilakukan. Apabila Anda tidak melakukan langkah yang satu ini, maka kemungkinan besar pihak travel tidak akan menganggap nama Anda sebagai pemesan prioritas dan membuat Anda ketinggalan bus yang sudah dipesan pada hari yang sudah ditentukan.

  1. Melunasi Harga Sewa

Ketika harga DP sudah diberikan, maka langkah selanjutnya adalah dengan melunasi harga sewa bus secara sepenuhnya. Pelunasan ini pun tergantung dengan seberapa besar sisa harga yang harus Anda bayarkan pada pihak travel, dan mereka pulalah yang menentukan kapan hari terakhir bagi Anda untuk melunasi harga sewa tersebut.

Harga sewa pada proses penyewaan bus ini sudah termasuk harga terperinci. Seperti biaya tol, parkir, BBM, harga menyewa supir, dan lain sebagainya. Anda harus mengetahui semua detail dari harga sewa tersebut sehingga waktu liburan yang ingin Anda tempuh pun tidak akan dipusingkan lagi dengan biaya tambahan lain yang kurang penting.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menyewa Bus

Ada berbagai hal yang bisa Anda rasakan saat menyewa bus. Anda tidak perlu lagi kerepotan mengurus administrasi tertentu yang justru mempersulit Anda untuk menikmati waktu liburan bersama orang lain.

Baik itu untuk acara sekolah, piknik bersama anak-anak, acara keluarga, liburan bisnis, dan lain-lain, bus adalah pilihan yang paling tepat untuk digunakan demi memenuhi acara tersebut. Ketika ingin merencanakan perjalanan dengan penyewaan bus, maka Anda harus mempersiapkan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Kapan waktu berangkat yang ingin ditentukan?
  • Apakah nantinya Anda bersama rombongan akan menginap?
  • Kapan waktu pulang?
  • Berapa jumlah orang yang mengikuti kegiatan atau acara ini?
  • Apakah Anda dan rombongan memerlukan keberadaan seorang tour guide?
  • Berapa jumlah unit bus yang ingin disewa?
  • Seberapa lama Anda ingin menyewakan bus?

Tips Ketika Melakukan Penyewaan Bus

Apabila Anda sudah merasa mantap dan yakin dengan rencana Anda, maka Anda tinggal menghubungi pihak travel dengan segera. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda ketahui sebelum melakukan penyewaan bus pariwisata. Berikut ini adalah tipsnya:

  1. Survey Kondisi Bus

Pertama, Anda harus melakukan survey mengenai kondisi bus itu. Ketika berada di dalamnya, kondisi dan desain interior bus tentu saja menjadi salah satu hal krusial yang menentukan apakah Anda nantinya betah berada di dalam atau tidak.

Selain interiornya, perhatikan pula bagaimana kondisi eksterior bus sebelum melakukan penyewaan bus. Hal tersebut penting untuk mengetahui bagaimana track record yang ditunjukkan oleh pengelola bus. Apabila terdapat kondisi eksterior bus yang penyok dan lecet, lebih baik segera tanyakan kejelasannya pada pihak travel dan cari penggantinya.

  1. Perhatikan Fasilitas Bus yang Akan Disewa

Fasilitas bus adalah hal paling penting yang harus diketahui sebelum menyewa bus. Sebab, Anda akan melakukan perjalanan panjang yang melelahkan sehingga Anda harus disediakan beberapa fasilitas yang mampu meringankan beban Anda.

Beberapa fasilitas tersebut harus mampu memenuhi kriteria bus pariwisata standar yang tetap berkualitas. Dengan begitu, setelah Anda menyelesaikan proses penyewaan bus Anda dapat melakukan aktivitas tertentu seperti menikmati hiburan atau mengisi daya ponsel dengan menggunakan fasilitas yang sudah tersedia.

  1. Pilih Bus dengan Ukuran Sesuai

Terakhir, Anda harus mampu memilih bus yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Sebab, bus pariwisata pada umumnya terdiri atas bus yang ukurannya bervariasi, ada yang kecil namun ada pula yang cukup besar.

Jangan sampai Anda melakukan penyewaan bus yang tidak sesuai dengan jumlah rombongan Anda. Hal ini tentu akan merugikan pihak travel dan juga Anda sendiri, sebab Anda juga harus mengeluarkan uang dengan nominal tertentu saat ingin menyewa bus tersebut. Pilihlah bus yang menyesuaikan jumlah rombongan agar tidak ada kursi kosong yang tidak digunakan oleh orang.

Demikianlah beberapa panduan penyewaan bus yang bisa Anda praktikkan sendiri saat Anda ingin menyewa bus. Semua langkah di atas harus dilakukan dengan saksama dan penuh perencanaan sehingga Anda tidak menyesal di kemudian harinya.

Baca Juga : Sewa Bus Pariwisata di PO MEGA CITRA WISATA


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by PT. MEGA CITRA WISATA @ 2021. All rights reserved.

error: Content is protected !!
Memulai obrolan
1
Hello, kami disini siap untuk melayani pertanyaan apapun, jangan ragu untuk berbicara dengan kami ...
Hubungi sekarang dan dapatkan diskon spesial ...